Kisah Nara, Ciptakan Helm Berpendingin hingga Mampu Beli Mobil dan Rumah

Jakarta - Kisah Linus Nara Pradhana ini bisa jadi inspirasi anak-anak muda di Indonesia. Setelah menemukan helm berpendingin saat duduk di sekolah dasar, kini dia bisa hidup mandiri. Padahal usianya masih belia, 14 tahun.

Kisah Nara, Ciptakan Helm Berpendingin hingga Mampu Beli Mobil dan Rumah


Saat menciptakan helm itu Nara masih duduk di kelas VI SD. Dia membuat inovasi helm berpendingin atau helm dengan lapisan popok. Karya ini lalu diikutkan lomba penemu muda LIPI dan dipamerkan di ajang serupa yang bertaraf internasional, Nara mendapat medali emas.

Helm itu seperti alat pelindung kebanyakan. Namun diberi lapisan berbahan popok yang tidak menyerap panas. Suhu di helm bisa turun seperlima dari sebelumnya dengan lapisan tersebut.

Rupanya, pemberitaan tentang temuan Nara menjadi perhatian pengusaha helm di Indonesia. Salah satunya adalah AVS. Mereka pun membeli paten yang dibuat Nara.

"Jadi kita jual putus, saya serahkan paten ke mereka," terang Nara saat berbincang dengan detikcom, Jumat (29/11/2013) kala itu.

Hasil temuannya membuahkan hasil yang manis, Nara sudah bisa membeli rumah, mobil dan biaya pendidikan tingginya terjamin. Dia juga masih terus berkarya untuk membuat temuan-temuan yang bermanfaat bagi masyarakat lainnya.

AVS memberi nama khusus 'Naravation' untuk desain helm berpendingin yang dibuatnya. Kini, dia juga semakin rajin membuat inovasi helm lainnya.

"Yang pasti agar dibuat lebih bagus dan nyaman bagi orang," terang Nara yang kalaa itu masih duduk di bangku SMP Kristen Petra 5 Surabaya. 
(mad/tor)

Source : news.detik.com

Comments